Tarim

Tarim

tarim-yaman
Tarim (Arab: تريم tarīm) adalah sebuah kota bersejarah yang terletak di Hadhramaut, Yaman. Di Tarim terdapat banyak masjid, jumlahnya mencapai 360 buah, sesuai dengan jumlah hari dalam 1 tahun, selain itu Tarim juga dikenal dengan keilmuan dan ulama, adapun ulama yang saat ini berasal dari Tarim adalah Habib Salim Assyatiri, Habib Abdullah bin Syihab Habib Umar bin Hafidz dan Habib Ali Al-Jufri.

masjid muhdhor, tarim hadramaut yaman


Menara Masjid Al Muhdhar di Tarim yang memiliki tinggi 53 meter (175 kaki), termasuk salah satu struktur bumi tertinggi di dunia

Kota tarim terdapat beberapa nama yang masyhur, diantaranya:

AL GHANNA yaitu kekayaan, karena tarim merupakan sebuah kota yang kaya dengan ilmu dan ulama' serta banyak tumbuhan dan kebun di sekitarnya.

AS SIDIQ karena penduduk tarim bersetuju membai'ah sayyidina abu bakar as sidiq menjadi khalifah menggantikan baginda rasulullah SAW tanpa pertentangan. Bahkan sayyidina abu bakar mendo'akan khusus terhadap penduduk tarim.

AT TIB yang dinamakan oleh Imam Omar Muhdhor didalam sebagian qasidahnya karena kota tarim merangkumi penawar bagi haati dan jasmani.

AL HUFFAZ yaitu yang terjaga karena penduduk tarim rata-ratanya menghafal al qur'an dan menjaga hafalan mereka dengan baik. Juga karena tarim antara sebuah kota yang menjaga nasab keturunannya lebih-lebih lagi yang bernasabkan kepada baginda rasulullah SAW.

Nama tarim menurut satu riwayat diambil dari nama penguasa yang tinggal di kawasan tersebut yang bernama Tarim bin hadhramaut. Beliau mempunyai seorang saudara bernama syiba yang kini dinamakan kota syibam. Tarim bermula menerima seruan agama islam melalui para sahabat yang datang berdakwah utusan baginda rasulullah SAW. Antaranya ialah Ziyad Bin Labid Al Anshori yang diutuskan ke hadhramaut khususnya di kota    tarim dan syibam.

Sayyidina abu bakar as siddiq mendoakan khusus untuk penduduk tarim dengan 3 do'a
Allah memperbanyakan orang shaleh seperti tumbuhnya cendawan di bumi.
Allah memberkahi airnya dan tidak akan habis sampai hari kiamat.
Allah memakmurkan kota tarim tanpa adanya peperangan.

Oleh karena itulah, syeikh Muhammad bin Abu Bakar Ba'abad menyatakan bahwasanya sayyidina Abu Bakar akan memberikan syafaat khusus kepada penduduk tarim di akhirat kelak.

Kota tarim mempunyai 3 tempat yang diberkahi, yaitu bukit-bukitnya, turbahnya yaitu makam para auliya' dan ulama dan masjid-masjidnya.

Kota tarim selalu terbuka bagi masyarakat maupun pelajar dari mana pun untuk berziarah dan belajar do kota 1001 auliya ini agar dapat memahami lebih jelas adat dan budaya kota tarim.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Darul Zahra

Ma'had al idrus

rubath tarim