al habib zein bin ibrohim bin smith

Al Habib Zein Bin Ibrohim Bin Smith

habib zein bin ibrohim bin smith


Al Habib Zein Bin Ibrohim Bin Smith (Pengurus Rubath Di Madinah)
Habib Zein seorang yang tinggi kurus. Lidahnya basah, tidak berhenti berzikir. Beliau senantiasa menghidupkan malamnya. Di waktu pagi, Habib Zein keluar untuk sholat subuh di Masjid Nabawi sehingga matahari terbit, setelah itu beliau menuju ke rubath untuk mengajar. Majlis Rauhah setelah asar hingga maghrib.

Habib Zein lahir di ibu kota Jakarta pada 1357/1936. Ayahnya, habib Ibrahim adalah ulama besar di bumi betawi saat itu. Selain keluarga, lingkungan tempat dimana mereka tinggal pun bias dikatakan sangat religius.

Guru-guru Habib Zein ialah Habib Muhammad Bin Salim Bin Hafiz, Habib Umar Bin Alwi Al-Kaf, Al-Allamah Al-Syeikh Mahfudz Bin Salim, Syeikh Salim Said Bukayyir Bagistan, Habib Salim Bin Alwi Al-Khird, Habib Ahmad Ja'far Bin Ahmad Al-Aydrus, Habib Muhammad Al-Haddar (mertuanya) dan masih banyak lagi. Selanjutnya pada usia empat belas tahun (1950), ayahnya memberangkatkan habib zein ke hadramauth, tepatnya di tarim-yaman. Di kota auliya' itu habib sein tinggal di rumah ayahnya yang telah lama ditinggalkan.

Menyadari mahalnya waktu untuk di sia-siakan, Habib Zein berguru kepada sejumlah ulama setempat, berpindah dari madrasah satu ke madrasah lainya, hingga pada akhirnya, mengkhususkan belajar di Rubath Tarim. Di pesantren ini nampaknya habib zein merasa cocok dengan keinginannya. Di sana ia memperdalam ilmu agama, antara lain mengaji kitab ringkasan (mukhtashar) dalam bidang fiqh kepada habib Muhammad Bin Salim Bin Hafiz. Dibawah asuhan Habib Muhammad pula, Habib Zein berhasil menghafalkan kitab fiqh karya imam ibnu ruslan "zubad", dan "al-irsyad" karya asy-syarraf ibnu al-muqri. Tak cukup di situ, Habib Zein belajar kitab ”minhaj" yang disusun oleh habib Muhammad sendiri, menghafal bait-bait (nazham) "hadiyyahas-shadiq" karya Habib Abdullah Bin Husein Bin Thahir dan lainya.

Dalam penyampainya, di tarim beliau sempat bergurau kepada sejumlah ulama besar. Seperti Habib Umar Bin Alwi Al-Kaf, Syeikh Salim Sa'id Bukhayyir Bagistan, Habib Salim Bin Alwi Al-Khird, Syeikh  Fadhl Bin Muhammad Bafadhal, Habib Abdurrahman Bibn Hamid As-Sirri, Habib Ja'far Bin Ahmad Al-Aydrus, Habib Ibrahim Bin Umar Bin Agil Dan Habib Abu Bakar Al-Atthas Bin Abdullah Al-Habsyi. Selain menimba ilmu, disana habib zein banyak mendatangi majlis para ulama demi mendapatkan ijazah, semisal Habib Muhammad Bin Hadi As-Seggaf, Habib Ahmad Bin Musa Al-Habsyi, Habib Alwi Bin Abbas Al-Maliki Al-Makki, Habib Umar Bin Ahmad Bin Sumaith, Habib Ahmad Masyhur Bin Thaha Al-Haddad, Habib Abdul Qadir Bin Ahmad As-Seggaf Dan Habib Muhammad Bin Ahmad Asy-Syatiri. Demikianlah, melihat begitu banyaknya ulama yang di datangi, dapat disimpulkan, betapa besar semangat habib zein dalam rangka merengkuh ilmu agama,apalagi melihat lama waktu beliau tinggal disana, yaitu kurang lebih delapan tahun.

Kemudian, salah satu seorang gurunya bernama Habib Muhammad Bin Salim Bin Hafiz menyarankan pindah ke kota Baidhah, salah satu wilayah plosok bagian negeri yaman, untuk mengajar ribath disana sekaligus berdakwah. Ini dilakukan menyusul mufti baidhah, habib Muhammad Bin Abdullah Al-Haddar. Dalam perjalanan kesana, Habib Zein singgah dulu di kediaman seorang teman dekatnya di wilayah Aden, Habib Salim Bin Abdullah As-Syatiri, yang sast itu menjadi khatib dan imam di daerah Khaur Maksar. Disana Habib Zein tinggal beberapa saat.
Selanjutnya, habib zein melanjutkan perjalananya. Sesampai di baidhah, habib zein pun mendaptkan sambutan hangat dari sang tuan rumah, habib Muhammad al-Haddar. Beliau mengamalkan ilmunya lewat mengajar.

Habib zein menetap lebih dari 20 tahun di rubath baidha menjadi khadam imu kepada para penuntutnya. Beliau juga menjadi mufti dalam Madzhab Imam Syafi'i. Setelah itu beliau berpindah ke negeri hijaz. Selama 12 tahun habib zein telah bersama-sama dengan habib salim as-syatiri menguruskan rubath di madinah.

Setelah itu habib salim telah berpindah ke tarim-hadramauth untuk menguruskan rubath tarim. Habib zein di madinah diterma ramai. Muridnya banyak dan terus bertambah. Dalam kesibukan mengajar dan usianya yang juga semakin meningkat, keinginan untuk menuntut ilmu tidak pudar.
Beliau mendalami Ilmu ushul dari pada Syeikh Zaydan Al-Syanqiti Al-Maliki. Habib Zein terus menyibukan diri untuk menuntut ilmu dengan Al-Allamah Ahmadu Bin Muhammad Hamid Al Hasani Al Syanqiti dalam ilmu bahasa dan ushuludin.    
         

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Darul Zahra

Ma'had al idrus

rubath tarim